Minggu, 13 Maret 2016

TUGAS TERSTRUKTUR 3

TUGAS TERSTRUKTUR SENYAWA ORGANOLOGAM

1. Buatlah reaksi pembentukan organolitium !

Jawab :


Litium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Li dan nomor atom 3. Unsur ini termasuk dalam logam alkali dengan warna putih perak. Dalam keadaan standar, litium adalah logampaling ringan sekaligus unsur dengan densitas (massa jenis) paling kecil. Seperti logam-logam alkali lainnya, litium sangat reaktif dan terkorosi dengan cepat dan menjadi hitam di udara yang lembap. Oleh karena itu, logam litium biasanya disimpan dalam wadah yang diisi minyak anhidrat.



Organolithium addition

Reaksi-reaksi ini jelas reaksi substitusi, tetapi mereka tidak dapat diklasifikasikan sebagai substitusi nukleofilik, seperti reaksi awal dari alkil halida. Karena atom karbon fungsional telah berkurang, polaritas kelompok fungsional yang dihasilkan terbalik (suatu karbon awalnya elektrofilik menjadi nukleofilik). Perubahan ini, yang ditunjukkan di bawah, membuat alkil litium dan Grignard reagen reaktan yang unik dan berguna dalam sintesis.




Reaksi dari organolitium dan reagen Grignard mencerminkan karakter nukleofilik (dan dasar) dari karbon fungsional dalam senyawa ini. Banyak contoh reaksi tersebut akan ditemui dalam diskusi masa depan, dan lima contoh sederhana ditunjukkan di bawah ini. Persamaan pertama dan ketiga menunjukkan sifat sangat dasar dari senyawa ini, yang ikatan dengan cepat ke proton asam lemah air dan metil alkohol (berwarna biru). Karbon nukleofilik reagen ini juga obligasi mudah dengan elektrofil seperti yodium (persamaan kedua) dan karbon dioksida (persamaan kelima). Polaritas ikatan karbon-oksigen dari CO2 membuat atom karbon elektrofilik, yang ditunjukkan oleh rumus di kotak berbayang, sehingga karbon nukleofilik obligasi pereaksi Grignard ke situs ini. Seperti disebutkan di atas, solusi reagen ini juga harus dilindungi dari oksigen, karena peroksida terbentuk (persamaan 4).




Gilman Reagents

When lithium dialkylcopper compounds, also known as Gilman reagents (after Henry Gilman), are converted by alkyl bromides, chlorides, or iodides, the cross-coupling products are obtained in good yields. Alkyl fluorides do not react with Gilman reagents. Gilman reagents can be synthesized through the treatment of the corresponding alkyllithium compound with copper(I) iodide in diethyl ether.
Fig.1
Syn­the­sis of (CH3)2CuLi (a Gilman reagent).



2. Bagaimanakah cara terbentuknya suatu karbokation, sehingga rantai atom karbon bertambah panjang 4x (dengan alkil halida, dengan suatu ester, dengan suatu erpoksida dan dengan suatu keton) !

Jawab :


- dengan alkil halida



membuat alkil litium dan Grignard reagen reaktan yang unik dan berguna dalam sintesis :




atau


- dengan suatu ester




- dengan suatu epoksida
      contoh 1


       contoh 2


- dengan suatu keton


Reaksi dengan keton akan menghasilkan Alkohol



Contoh :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar